PERINGATAN !

Senin, 06 April 2009

Perbedaan antara ms access,my sql dan Oracle


PERBEDAAN MS. ACCESS, MYSQL, dan ORACLE

Dari sekian banyak Database Storage Engine, ada 3 engine yang paling banyak digunakan yaitu Ms. Access, MySql, dan Oracle. Semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

  1. Ms.Access
    Ms. Access adalah Database Storage Engine buatan dari Microsoft yang menempel di produk Microsoft Office. Untuk instalasinya membutuhkan space di hardisk yang lumayan besar. Engine ini hanya bisa dijalankan di lingkup sistem operasi Windows saja. Kapasitas datanya sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system atau home bisnis. Untuk keamananya tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.

  1. MySql
    Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup munampung sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan kelas kecil dan menengah. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.

  1. Oracle
    Man this is a great database. Database Storage Engine ini bisa menyimpan data sampai ukuran tera byte, dan database oracle juga meyediakan gratisan versi home edition untuk sekedar yg ingin belajar oracle aja sedangkan untuk versi enterprisenya kita harus bayar. Untuk bagian query-nya oracle tetap menggunakan standard bahasa SQL. oralce bisa digunakan diberbagai platform seperti unix, windows, atau yang lainnya. Untuk masalah keamanan oracle bisa dibilang baik. Selain itu, perfomance oracle kebanyakan bermain di harddisk jadi kalau ingin menggunakan oracle harus menyediakan space harddisk yg cukup besar. untuk backup oracle mempunyai extensi sendiri namanya file DMP.

Kemudian ada Juga Perbedaan Mencolok dari software-software di atas :

· Software ms access dan Oracle bisa digunakan oleh orang awam yang ramah pengguna sedangkan mySQL digunakan oleh orang-orang yang sudah profesional

· Dari Ukuran filenya ms Access limitnya Cuma 2 GB sedangkan Mysql dan Oracle batas maxsimalnya 4GB

· Dari kapasitasnya My sql lebih unggul dari pada oracle dan ms access,karena bisa mencapai 15.000.000.000 record

· MySQL menggunakan OTOMATIS-atribut kenaikan ditugaskan ke kolom ketika membuat table dan kemampuan untuk memulai dan kenaikan nilai-nilai di urutan nomor awal nilai dalam grup yang berguna fitur yang disediakan oleh MySQL yang tidak tersedia di database Oracle 9i.

· Untuk backup ketiga software ini mempunyai extensi sendiri-sendiri yaitu untuk ms access extensinya mempunyai nama file .mdb , Mysql extensinya mempunyai nama file .MDB dan .BAK sedangkan Untuk Oracle extensinya mempunyai nama file DMP

· Dari perbedaan bahasa antara ketiga software ini adalah:

Ms access hamper sama dengan Mysql adalah satu bahasa yang menyediakan fungsionalitas terbatas untuk DBMS dan RDBMS. Sedangkan Oracle adalah paket perangkat lunak dan lebih kuat daripada SQL.

  • Dari penggunaannya Oracle dan my Sql bisa digunakan diberbagai platform yaitu seperti Linux,unix, Windows dan lain-lain atau bisa disebut multiplatform sedangkan ms access hanya bisa digunakan di Windows atau bisa disebut monoplatform.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Mereka